01 July, 2011

Jadilah diri anda sendiri

Matius 6:7-8 "Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya."
__________________________________________

Tuhan menciptakan Anda dan Dia ingin Anda menjadi diri Anda yang sebenarnya.
Dengan menjadi otentik ketika Anda berbicara kepada Tuhan, Anda menyembah Dia sebagai Pencipta Anda.

Selama bertahun-tahun saya meniru doa-doa orang lain.
Saya melihat mereka menggunakan kata-kata tertentu dan bahkan nada-nada khusus.
Saya meniru semua hal-hal yang bersifat klise keagamaan.

Dalam zaman Perjanjian Baru, doa menjadi bertele-tele, ritual yang tidak berarti.
Tidak ada spontanitas, tidak ada keaslian.
Tetapi Yesus mengatakan jangan terjebak dalam doa ritual.
Anda tidak harus menggunakan bahasa yang mewah.
Anda tidak dapat mengesankan Tuhan dengan bahasa yang mewah, dan Anda juga tidak harus mencoba untuk mengesankan orang lain.

Saya senang mendengar orang-orang Kristen baru berdoa, tidak ada unsur kesombongan orang saleh.
Mereka belum belajar mengenai hal-hal yang klise.
Mereka hanya berkata, "Hai Tuhan, ini saya."
Itulah cara Anda melakukan kontak dengan Tuhan.
Anda berbicara dengan Bapa surgawi tentang apa yang ada di pikiran Anda.
Berdoa apa yang ada di hati Anda.
Ungkapkan diri Anda.

Bayangkan saya berjalan masuk ke pintu rumah saya satu malam dan anak-anak saya berkata: "O, Mahakuasa kepala dari keluarga kami. Betapa indahnya Engkau, yang berdaulat dalam memberikan uang saku untuk kami. Oh, keagungan diri-Mu luar biasa! Kami mohon kepada Engkau untuk datang makan malam bersama kami."
Saya akan langsung memeriksa suhu tubuh mereka untuk melihat apakah anak-anak saya sakit!
Saya tidak ingin mendengar perkataan seperti itu.
Saya ingin mereka berkata, "Hei, Papa sudah pulang. Senang bertemu denganmu, Pa!"

Saya tidak mengatakan untuk menjadi sembrono dalam doa, tetapi itulah cara Anda melakukan kontak dengan Tuhan.
Anda berbicara dengan dia dengan cara yang tulus dan sepenuh hati.

Yesus memberi kita sebuah model yang bisa kita gunakan ketika kita belajar untuk melakukan kontak dengan Tuhan.
Dalam enam renungan berikutnya, kita akan melihat enam hal yang dapat kita katakan kepada Tuhan ketika kita berdoa.
_________________________________________________________

Tuhan tidak membutuhkan kata-kata yang bersifat ritual dan bertele-tele, Tuhan menginginkan kita berdoa dengan tulus dan apa adanya dari hati kita.


(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)