29 April, 2014

~ Rest in Christ ~

~ Rest in Christ ~

Yohanes 15:1-8

Perumpamaan Yesus diayat ini sering disalah pahami oleh banyak orang Kristen.
Sehingga pesan yang coba disampaikan oleh Yesus telah bergeser jauh dari kebenarannya yang original.

Peran seorang pengajar alkitab dalam memaparkan perumpamaan Yesus yang ditulis oleh rasul Yohanes menjadi penentu keutuhan dari pesan itu sendiri.

Kita ditekan begitu rupa melalui ayat 2 supaya kita BERUSAHA untuk mengeluarkan buah. Jika tidak, hukuman menanti di depan pintu gerbang kematian (disusul ayat 6 sebagai bukti bahwa, penghukuman itu nyata) *sembari mengangkat alkitab dan mengerutkan dahinya* kata si pengkhotbah berapi-api.

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada mereka - pemaparan mereka sangatlah keliru. Jauh dari arti yang sebenarnya.
Jangan ijinkan mereka menakut-nakuti Anda dengan cara memperkosa ayat FT keluar dari konteksnya.

Menekankan BUAH dan PENGHUKUMAN pada perumpamaan Pokok anggur dan ranting. Merupakan intepretasi yang keliru.

Coba Anda baca dengan teliti. Perumpamaan Yesus itu menekankan HUBUNGAN antara Yesus dan murid-Nya, Kristus dan jemaat.

Ay 3. Kita TELAH bersih karena Firman-Nya.

Ay 4-5. Buah yang dihasilkan dari HUBUNGAN. Kalimat Yesus; "Tinggallah di dalam AKU dan kamu akan berbuah" merupakan panggilan untuk beristirahat dari usaha untuk mengeluarkan buah dari UPAYA daging kita (buah daging: usaha untuk benar, kudus, baik, layak, dihadapan Allah dengan mengandalkan kemampuan diri). Buah yang sejati hanya lahir dari BERISTIRAHAT didalam Kristus.

Ay 6. Ranting yg dibuang lalu dibakar adalah gambaran dari orang - orang yang tidak percaya kepada Kristus. Mereka membangun kebenaran diri diluar Kristus. Kain merupakan contoh klasik yang menjadi gambaran orang - orang yg berusaha membangun kebenaran sendiri. Roma 10: 1-3. Dan usaha mereka pasti sia - sia.

Ay 7. Ada JANJI Kristus takkala seseorang percaya kepada-Nya. Sebab Kristus adalah YA atas semua JANJI Allah.

Ay 8. Menarik sekali. "Bapa dipermuliakan disaat kita berbuah banyak" dengan apakah kita berbuah? Dengan BERISTIRAHAT di dalam Kristus. Bapa TIDAK dipermuliakan dengan usaha dan kerja keras Anda untuk menyenangkan Dia. Justru Bapa dipermuliakan saat Anda enjoy di dalam Kristus.

Semoga bermanfaat!

Glen Angkow