06 January, 2017

Kristen bukan Yahudiah

KITA KRISTEN , BUKAN YAHUDIAH ! 

Kristen artinya pengikut Kristus . Yahudiah artinya pengikut agama Yahudi . Banyak orang Kristen yg secara tidak sadar memposisikan dirinya sebagai Yahudiah ! Padahal Yahudiah sangat berbeda dg Kristen sekalipun ada beberapa persamaannya . 

Yahudiah menggunakan kitab Suci Tanakh ( Perjanjian Lama ) dan tidak percaya pada Perjanjian Baru ! Sementara Kristen menggunakan juga Perjanjian Lama supaya mengerti akan Perjanjian Baru ! 

Fokus utama Yahudiah adalah pd hukum Torat yg terdiri dari 600 lebih mitsvot ( aturan ) termasuk 10 firman ( aseret hadevarim ) ; sementara fokus Kristen adalah pada hukum Kristus , yakni kasih karunia ! Jadi segala hal yg ditulis dlm Perjanjian Lama , yang tidak relevan lagi dg Kekristenan , tidak lagi kita pakai ! Perjanjian Baru mencatat bahwa : 

"...DENGAN KAMATIAN NYA SEBAGAI MANUSIA , IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TORAT DENGAN SEGALA PERINTAH DAN KETENTUAN KETENTUANNYA ....." ( EFESUS 2 : 15 ) .

Jadi segala hal yg di tulis dlm Perjanjian Lama , yg tidak berkolerasi dg Kekristenan , tidak lagi dipakai ! Mungkin ada yg membantah , bhwa itu Firman Allah ! Betul ! Tetapi itu tidak bersangkut paut dg masa Kekristenan , yakni masa SETELAH DARAH YESUS TUMPAH ( SETELAH KARYA PENEBUSAN ) ! Apakah saja yg tidak bersangkut paut lagi dg Kekristenan ? Banyak ! Antara lain adalah : 

Sunat ! ( Kejadian 17 : 10 )  .Larangan beribadah di rumah Tuhan bagi orang yg cacat kemaluannya , anak2 yg lahir di luar perkawinan  dan musuh ( Ulangan 23 : 1 - 3 ) . Perintah membuat baju yg berjumbai ( Bilangan 15 : 38 ) . Korban sajian , korban bakaran , korban keselamatan , korban penghapus dosa , korban penebus salah ( Imamat pasal 1 hingga pasal 7 : 21 ) . Hari Raya Pendamaian setahun sekali ( Imamat 16 : 34 ) .Kutuk2 hukum Torat ( Ulangan 28 : 15 -  45  ) Dan banyak lagi yg lain2 ! Itu semua sudah tidak dipraktekkan  dlm Kekristenan , sekalipun itu tertulis sbg Firman Allah ! Khusus utk kutuk2 hukum Torat , sudah ditebus oleh Kristus di kayu salib ( Galatia 3 : 13 ) .

Jadi klo kita mengharapkan pembenaran dari hukum Torat , itu Yahudiah dan sama sekali bukan Kristen ! Sebab Alkitab mencatat : 

"KAMU LEPAS DARI KRISTUS , JIKALAU KAMU MENGHARAPKAN KEBENARAN OLEH HUKUM TORAT , KAMU HIDUP DI LUAR KASIH KARUNIA ." ( GALATIA 5: 4)

Perbedaan antara Yahudiah dg Kristen adalah : Yahudiah menegakkan kebenaran diri sendiri lewat ketaatan pd hukum Torat, harus begini harus begitu dsb  ( pdhal mereka tidak mampu menggenapinya ) ; dan mereka menolak kebenaran Allah lewat salib Kristus ( Roma 10 : 2-3 ) . Sementara Kekristenan menerima pembenaran lewat Kristus 100% ( Roma 1 : 17 ; 2 Kor.5 : 21 ; Efesus 2 : 8 -9 ; Titus 3 : 4 - 7 ) .

Kita Kristen dan bukan Yahudiah ! Janganlah kita memposisikan diri sebagai Yahudiah ! Sebab kita sudah dibeli dan harganya sudah lunas dibayar ! Itulah Kristen ! ( 1 Kor.6 : 20 ) . Sudah tidak ada lagi kutuk2 ! ( Galatia 3 : 13 ) Itulah Kristen !  .Jadi urusan berkat dan pemeliharaan Tuhan serta keselamatan kekal kita , bukan tergantung pd kebenaran kita sendiri dg segala kebaikan yg memang harus kita lakukan se bisa2nya , melainkan MUTLAK TERGANTUNG PD KASIH KARUNIA ALLAH DALAM KARYA PENYELAMATAN KRISTUS DI KAYU SALIB ! 

Dengan kata lain :" KETERBATASAN KITA SEBAGAI MANUSIA , TIDAK LAGI  MENGHALANGI BERKAT DAN PEMELIHARAAN TUHAN SERTA TIDAK JUGA MENGHALANGI KESELAMATAN KEKAL KITA , SEBAB KRISTUS TELAH MENGERJAKANNYA BUAT KITA DI KAYU SALIB , TUNTAS , SELESAI DAN SEMPURNA ! 

Tuhan Yesus mengaruniai kita hikmat pengertian dan pengetahuan bahwa kita adalah Kristen ( pengikut Kristus ) dan bukan Yahudiah ( pengikut agama Yahudi ) . Amin ! Yordan Eerton Pardamean