02 October, 2018

Lahir baru

Header:
Lahir baru

Note:
Ada pembicaraan antara Yesus dan Nicodemus yang mencetuskan suatu istilah lahir baru, dan istilah ini banyak disalah artikan dari arti yg sesungguhnya.

Ini percakapannya :

Yesus : "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak di lahirkan kembali,ia tidak dpt melihat kerajaan Allah.

Nicodemus : "Bagaimana mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke rahim ibunya dan dilahirkan lagi?

Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk kedalam kerajaan Allah.

Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Yohanes 3:3-6.

Percakapan ini tidak ada kaitannya dengan baptisan air. Yesus sedang berbicara tentang dua kelahiran yang diperlukan untuk masuk kedalam kerajaan Allah.
Yang pertama adalah kelahiran natural, artinya seorang dilahirkan sebagai seorang bayi dari ibu manusia.
Yang kedua adalah kelahiran rohani.

Kelahiran natural digambarkan dengan dua cara : dilahirkan dari air"  dan "apa yang dilahirkan dari daging adalah daging".
Kelahiran rohani juga digambarkan dengan dua cara :  "dilahirkan dari Roh" dan "apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh".

Ada yang berpendapat bahwa tidak ada keselamatan tanpa melalui baptisan. Itu jauh dari kebenaran.

Yesus sedang berkata bahwa seorang bayi dikandung secara natural dalam air didalam rahim ibunya. Pada saat ulang tahun 0 ia dilahirkan dari air. Setelah menaruh imannya didalam Yesus Kristus, ia benar benar lahir kedua kalinya secara rohani. Allah memberi kepadanya sebuah roh yang baru, dan Roh Allah datang dan tinggal didalam dia.

Pendapat yg berkata bahwa seseorang harus dimasukan ke dalam air untuk memperoleh kelahiran baru tidak didukung oleh konteks ayat ini.