12 March, 2018

Siapakah I AM WHO I AM atau YHWH ?

Siapakah I AM WHO I AM atau YHWH ?

(Paul Maxim)

Kel 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

(ESV) God said to Moses, “I AM WHO I AM.” {Or I AM WHAT I AM, or I WILL BE WHAT I WILL BE} And he said, “Say this to the people of Israel, ‘I AM has sent me to you.’”
------------------------------------------------
YHWH tulisan awalnya ala "gambar simbol2" ala pictograph, lalu berubah bertahap jadi tetragrammaton ala tulisan Hebrew Modern.
Tafsiran resminya menjadi: I AM WHO I AM atau I AM THAT I AM, dll, ... padahal aslinya cuma simbol gambar sbb:

ORANG - PAKU - ORANG - TANGAN

Nah silahkan artikan sendiri karena banyak sekali kemungkinannya.
Dapat di tafsir jadi: Orang lagi bawa paku pakai tangan, atau lihat orang paku dan tangan paku, atau orang memegang paku ditangannya, dll, dll.
-------------------------------------------------
Jadi kalo ada orang ngotot nama ala: Yahweh atau Yahwuh atau Yahwih , dll ... Artinya tidak mengerti sejarah aslinya itu tulisan.
Tinggal silahkan masing-masing tafsirkan sendiri gambar asli tersebut, bagi saya: yang saya pahami semua akan mengacu kepada Kristus Yesus, .. Tuhan penyelamat yg diurapi , Mesias, YHWH Penyelamat.

Nama diatas segala Nama cuma ada satu.

Note:
Dari pd ributin sebutan nama YHWH dll .. lebih baik kenali siapakah itu yg dimaksud dan telah di nubuatkan ribuan tahun sebelumnya... ??. 

Btw: Tulisan ala pictograph ini mirip juga dengan karakter tulisan cina kuno.