12 March, 2018

Apa perbedaaan : Benar (true) dan KEBENARAN (The Truth) di Alkitab?

Apa perbedaaan : Benar (true) dan KEBENARAN (The Truth) di Alkitab?
Banyak orang Kristen yg suka mengutip ayat (Yoh 8:32 “..dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”) Tapi ketika ditanya “kebenaran yg bisa memerdekakan” apa yg di maksud disini?, mereka akan menjawab secara umum: “Alkitab” yg artinya semua yg tertulis di Alkitab.
Semua yg tertulis di dlm Alkitab itu BENAR (true), Tapi TIDAK SEMUA nya adalah KEBENARAN YG bisa me-Merdekakan (the TRUTH that will set you free).
Semua kata dalam Alkitab adalah BENAR-2 di ucapkan oleh org2 YG BENAR ada, dan di catat Dgn BENAR oleh Roh Kudus. Termasuk kata2 iblis sendiri ketika mencobai Yesus tiga kali di padang gurun setelah Ia berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam hingga laparlah Yesus, dan Iblis berkata: (Mat 4:3 …”Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”) – Nah, Apakah ini juga Kebenaran yg bisa memerdekakan anda? Oh jelas tidak!., Tapi kata-2 Iblis pun tercatat dgn BENAR dan akurat. Termasuk juga kata-2 pelaku yg lagi stress berat spt Ayub yg kehilangan SEMUA keluarga nya dlm sehari, berkata lah Ayub: “TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil”, itu pun di catat dgn BENAR dan akurat perkataan Ayub, TAPI apakah itu Kebenaran yg bisa memerdekakan? Oh Tidak! KEBENARAN Nya (the Truth) dlm hal Ayub adalah ia hidup sebelum Kristus menebusnya, dan iblis mencobainya dan iblis yg mengambilnya. Tuhan selalu memberi dan memberi, dan Tuhan tidak akan pernah mengambil kembali apa yg sudah DiberikanNya.
Semua di Alkitab itu BENAR Dan bisa berguna utk pembacanya, tapi KEBENARAN (the Truth) yg dpt Memerdekakan anda HANYA lah INJIL (Kabar Baik) KASIH KARUNIA YESUS (GRACE).
Lalu bagaimanakah kita bisa memilah antara Benar dan Kebenaran itu?
Pertama, kita hrs tahu bahwa Alkitab itu ditulis BUKAN untuk kita, jangan berupaya melihat jati diri kita di dlm Alkitab, anda pasti tidak akan menemukannya, Alkitab ditulis Allah melaui orang-2 yg diurapi Roh Kudus untuk Yesus Kristus Putra Tunggal TerkasihNya. Dan jika anda berhasil MELIHAT YESUS di dlm Nya, maka anda akan menemukan jati diri anda pula, karena Anda sendiri ada di dlm Kristus (In Christ). Sehingga kita harus membaca Alkitab spt Penulis Alkitab sendIri (Tuhan) MELIHAT Nya.
Kedua, jangan asal baca dan comot, berdoa dulu minta pencerahan Roh Kudus memberikan pencerahan untuk kita bisa pandai memilah. Kita berdiri di PERJANJIAN BARU. Jadi yg sedang kita baca itu menunjuk kepada P.Lama atau P,Baru? Kalau masih ragu, maka lihatlah CONTEXT nya, SIAPA yg ber bicara? Kepada Siapa audience nya? Apakah utk saya Gereja Nya (the Church)? atau utk orang Yahudi? atau utk orang lainnya? Kalau masih ragu terjemahannya, maka cari bahasa aslinya Ibrani (PL) dan Yunani (PB).
Semua yg ada di buku Alkitab ada kegunaannya bagi kita utk diketahui, tapi tidak semuanya bisa memerdekakan kita, Krn memang bukan di tujukan utk Kita org Yg sdh Diselamatkan oleh Darah Kristus.
Bahasa Indonesia hanya memakai satu kata “Perjanjian Baru” tapi di dalam bhs Inggris ini boleh menunjuk kpd pembagian Alkitab batasan saat Yesus di lahirkan / mulai buku Matius (New TESTAMENT), tapi buku Matius sendiri masih belum era Perjanjian Baru (New COVENANT) PB Kasih Karunia, saat Yesus disalibkan Dan bangkit kembali, jadi masih era peralihan, dan saat Yesus masih berjalan di bumi dan berkata-kata kadangkala Ia masih menunjuk kepada PL atau masih dlm masa peralihan dr PL ke PB. Sehingga kita harus pandai memilah. Contoh: Yesus bilang cungkil matamu Klo melihat hal kotor, ini masih mengacu kpd PL dan adakah org Kristen yg SDH melakukan nya? Dan sebaliknya peri laku Kristus thd orang-2 berdosa mencerminkan Kasih Karunia Nya.
Semua surat yg Paulus tulis itu bisa Kita terima sepenuhnya Krn itu Tulen bicara PB setelah kematian dan kebangkitan Kristus. Lagipula, Paulus di angkat Oleh Yesus setelah kebangkitanNya khusus utk memberitakan Injil Kabar Baik Kasih Karunia kpd Kita org non Yahudi yaitu kita.
Jika anda membaca Alkitab dan ada hal yg menakutkan hati, janganlah gusar, itu pasti bukan utk anda, Dan kembali lah selalu pd ayat yg sdh umum dan jelas spt: Yoh 3:16 dll dan berdoa Minta pencerahan pewahyuan. Pasti Tuhan akan memberi penjelasan yg anda perlukan pd waktu yg tepat.