10 October, 2014

TIDAK AKAN MATI sebelum mereka melihat Anak Manusia datang

Serial: See Bible as Jesus Sees.

Mat 16:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang TIDAK AKAN MATI sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya. (Assuredly, I say to you, there are SOME standing here who shall not taste death till they see the Son of Man coming in His kingdom)

Ini adalah ayat terakhir di buku Mat 16, dan ayat ini menjadi perdebatan berat dari kaum Atheists (yg menolak Alkitab). Seorang Atheist terkenal, malah berkata "alasan utama mengapa saya menjadi Atheist adalah krn ayat ini yg nota-bene tdk benar, ayat ini tdk akurat, krn semua orang yg hadir di tempat itu, saat ini sudah MATI semua. Padahal Yesus berkata ada di antara orang yg hadir disini (tidak semua / SOME) yg tdk akan mati sebelum mereka melihat "Anak Manusia (Yesus) datang sbg Raja dalam Kerajaan-Nya". Para Atheists mengartikan kedatangan Yesus disini sbg Kedatangan Yesus yg kedua yg sampai sekarang ini memang belum terjadi.

Tapi, apa yg ditulis Alkitab adalah akurat, apapun harus kita simak dari Context nya. Utk menyimak ayat ini maka kita harus melihat ayat selanjutnya dari ayat terakhir dr Mat 16:28, yaitu ayat pertama dari Mat 17:1.

2 Pertanyaan yg harus kita tanyakan adalah:
1) Siapa beberapa orang yg hadir disini? (SOME standing here)
2) Apa kah yg di maksud "Anak Manusia datang sbg Raja dalam Kerajaan-Nya"

Kedua pertanyaan ini segera dijawab di ayat-ayat berikutnya:

Mat 17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
(Ayat ini menjawab pertanyaan pertama, beberapa orang disini adalah: Petrus, Yakobus, dan Yohanes.)

Mat 17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. (and He was transfigured before them. His face shone like the sun, and His clothes became as white as the light.)
(Ayat ini menjawab pertanyaan kedua: Yesus sbg anak manusia menunjukkan siapa dia sebenarnya sbg Raja dlm Kerajaan Surgawi Nya, Allah memperlihatkan kpd mereka wajah-Yesus bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar terang. Inilah "Anak Manusia yg datang sbg Raja dalam Kerajaan-Nya".)
Kemudian terdengar suara Allah Bapa dari awan terang yg menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "INILAH ANAK YANG KUKASIHI, KEPADA-NYA LAH AKU BERKENAN, dengarkanlah Dia." (Mat 17:5)

Petrus mengkonfirmasikan hal ini, di dlm surat nya di kemudian hari:

2Pe 1:16 Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya.
2Pe 1:17 Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: "INILAH ANAK YANG KUKASIHI, KEPADA-NYA LAH AKU BERKENAN." 
2Pe 1:18 Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.

Dengan demikian Alkitab adalah selalu benar dan akurat. Kita harus membaca dari context nya, (see bbile as Jesus sees).